Menu

Mode Gelap
PFI Pusat Tunjuk Juniardi sebagai Plt Ketua PFI Lampung Pemprov Lampung Pastikan Penyerahan SK PPPK Sesuai Jadwal BKN Lampung Catat Pertumbuhan Ekonomi Tertinggi di Sumatera, Sekdaprov Hadiri Rakor Inflasi Nasional Pemprov Lampung Aktifkan Kembali Dr. Agus Nompitu sebagai Kadis Tenaga Kerja Festival Krakatau 2025 Resmi Ditutup, Gubernur Ajak Masyarakat Perkuat Kolaborasi Budaya Krakatau Run 2025: Sehat, Meriah, Mendunia

Berita Utama

RSUDAM Bekerja dengan Hati, Layani Pasien Seperti Saudara Sendiri

badge-check


					RSUDAM Bekerja dengan Hati, Layani Pasien Seperti Saudara Sendiri Perbesar

Lampung — Rumah Sakit Umum Daerah Abdul Moeloek (RSUDAM) Provinsi Lampung angkat bicara terkait isu dugaan penelantaran dan pemaksaan pasien untuk pulang lebih awal.  Pasalnya, Pihak manajemen rumah sakit berkomitmen untuk terus memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh pasien tanpa pandang bulu.

Plt. Direktur Utama RSUDAM dr. Imam Ghozali mengatakan, bahwa sebagai rumah sakit rujukan utama di Provinsi Lampung, RSUDAM menerima pasien dari berbagai fasilitas kesehatan (faskes) tingkat pertama maupun lanjutan. “RSUDAM ini rumah sakit pusat rujukan. Pasien bisa datang dari mana saja, dan kami berusaha memberikan pelayanan terbaik. Tapi tentu, ekspektasi tiap orang terhadap layanan bisa berbeda-beda. Ini menjadi cermin bagi kami untuk terus berbenah,” kata Ghozali kepada awak media, Jumat (4/7/2025).

Menanggapi adanya keluhan masyarakat, kata Ghozali, pihaknya langsung bergerak cepat dengan melakukan evaluasi dan perbaikan sistem, khususnya terkait prosedur pemulangan pasien. “Kita akan benahi sistem pemulangan. Jika sebelumnya dianggap belum layak dipulangkan, sekarang kita pastikan ada dua tahapan assessment, dari sisi medis dan dari sisi keperawatan,” terangnya.

Langkah ini, menurutnya, bertujuan agar keputusan pemulangan pasien tidak hanya berdasarkan penilaian dokter, tetapi juga mempertimbangkan kondisi pasien dari aspek keperawatan. “Soal keluhan pasien yang merasa dipulangkan saat belum pulih. secara medis pasien tersebut sudah dinyatakan layak kontrol jalan, dan bahkan disarankan kembali dalam waktu seminggu ke poli paru, mengingat keluhan utamanya,” ucapnya

Bahkan, sambung Ghozali, jika filosofi pelayanan RSUDAM yang berlandaskan jargon “Puakhi”, akronim dari Profesional, Unggul, Adil, Bertanggung Jawab, dan Hati yang Ikhlas, yang dalam bahasa Lampung berarti ‘saudara’. “Semua pasien yang datang ke sini kami anggap saudara. Kami bekerja dengan hati, melayani dengan cinta. Bergerak bersama, berkembang bersama,” ungkapnya

Dengan penuh semangat. Ghozali menambahkan, RSUDAM adalah rumah sakit tipe A dengan standar Kementerian Kesehatan RI. Meski sistem pelayanan mengikuti rujukan berjenjang, pihaknya tidak pernah menolak pasien. “Dari faskes tingkat 1, 2, hingga 3, semua kami terima. Karena bagi kami, siapa pun yang datang ke RSUDAM adalah orang yang membutuhkan pertolongan, dan layak diperlakukan sebagai saudara,” pungkasnya.

Baca Lainnya

PFI Pusat Tunjuk Juniardi sebagai Plt Ketua PFI Lampung

8 Juli 2025 - 06:44 WIB

Pemprov Lampung Pastikan Penyerahan SK PPPK Sesuai Jadwal BKN

8 Juli 2025 - 06:39 WIB

Lampung Catat Pertumbuhan Ekonomi Tertinggi di Sumatera, Sekdaprov Hadiri Rakor Inflasi Nasional

7 Juli 2025 - 10:46 WIB

Pemprov Lampung Aktifkan Kembali Dr. Agus Nompitu sebagai Kadis Tenaga Kerja

7 Juli 2025 - 08:35 WIB

Festival Krakatau 2025 Resmi Ditutup, Gubernur Ajak Masyarakat Perkuat Kolaborasi Budaya

7 Juli 2025 - 04:08 WIB

Trending di Berita Utama